Kamis, 26 Desember 2013

Manage Diri

Coba bayangkan kalau nanti sudah sukses, akan memanage diri kalian seperti apa? Ceritakan!



          Sukses adalah impian dan cita-cita bagi semua orang di dunia ini. Setiap orang akan berusaha sekeras mungkin untuk mendapatkan kesuksesan tersebut. Dan kesuksesan tersebut tidak ada yang diraih secara instan melainkan harus dengan banyak perjuangan yang tidak mudah begitu saja terlewatkan. Sedih, duka, senang dan haru pun mewarnai tercapainya kesuksesan tersebut.
          Begitupun dengan saya, ketika sebuah kesuksesan telah ada di depan mata. Tentunya saya akan bersyukur atas karunia Tuhan yang maha esa karena tidak ada yang tak mungkin tanpa perantara-Nya. Saya menyadari bahwa kesuksesan itu hanyalah sebuah titipan dan ketika titipan itu tidak bisa dijalankan dengan baik tentunya kesuksesan tersebut akan menghilang begitu saja.
          Disini adalah bagaimana dengan diri kita sendiri memanage kesuksesan yang telah kita diperoleh dengan susah payah tersebut. Jika saya pribadi tentunya akan ada banyak cara yang akan saya lakukan untuk memanage kesuksesan saya tersebut. Pertama-tama, saya akan tetap bersyukur kepada Tuhan san pemilik kita dengan cara melaksanakan perintah-nya dan menjauhi larangan-nya. Berdoa juga tak lupa saya lakukan agar kesuksesan ini menyertai saya dan orang-orang yang saya cintai tentunya.  Dan juga saya berharap kesuksesan ini membawa berkah bukan hanya kepada diri saya pribadi melainkan kepada semua orang yang membutuhkan.
          Kedua, saya akan menyumbangkan beberapa yang saya miiki untuk orang yang membutuhkan. Karena tak bisa dipungkiri bahwa segala yang kita punya adalah ada sedikit hak untuk mereka yang membutuhkan. Dan saya pun meyakini bahwa semakin banyak kita bersedekah khususnya bagi orang yang sangat membutuuhkan bahwa semakin banyak pula rezeki yang kita terima. Kiasan ini bukan hanya sebuah omongan semata, saya telah banyak merasakan dari keajaiban sedekah ini.
          Ketiga, saya akan mengatur jadwal seteratur mungkin untuk memaksimalkan apa yang telah saya peroleh. Suatu jadwal sangatlah bagus dan berguna untuk membuat seseorang menjadi disiplin. Dari disiplin diri inilah muncul sebuah keberhasilan yang sering kita sebut dengan kesuksesan. Semakin kita disiplin dalam menjalani kehidupan sehari-hari semakin hebat pula kita mengelola kesuksesan yang telah kita peroleh tersebut.
          Keempat, saya akan memperluas pergaulan dengan siapapun dan dimanapun. Dari pergaulan inilah kita akan mendapatkan banyak kemudahan dan keuntungan dalam berbagai hal. Karena seperti yang telah kita pahami, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Disini dipahami bahwa manusia adalah saling bergantung dengan orang lain. Tapi, yang perlu kita dalami bergantung disini bukanlah berarti setiap kita ingin melakukan sebuah tindakan harus dengan bantuan orang lain. Disini lebih menekankan bahwa ada kalanya kita harus mandiri dalam beberapa hal, karena setiap manusia juga mempunyai hak dan kewajiban untuk mengatur dirinya sendiri tanpa adanya campur tangan dari orang lain baik itu orang yang sangat terdekat sekali dengan kita.
          selanjutnya kelima, saya akan selalu tersenyum dan menyelesaikan setiap masalah yang saya dapatkan. Sebuah masalah hanyalah kerikil kecil dan cobaan agar kita dapat sesuatu yang lebih baik dan berguna di lain waktu. Saya juga percaya bahwa pasti ada maksud dari sebuah masalah yang saya dapatkan. Tuhan juga tahu bahwa kita mampu untuk menghadapi cobaan tersebut makanya dia menitipkan sebuah kerikil kecil tersebut untuk kita hadapi tanpa menyerah.

          Keenam, be positive. Pikiran yang selalu positive akan membawa keberkahan kepada kita. Daripada terus selalu kita berpikir negative yang ada hanya merusak dan menyakiti diri saya sendiri. Pikiran positive akan membawa kesejukan didalam jiwa, membuat kita selalu tenang, tidak terburu-buru dalam megambil keputusan dan membuat kita lebih selektif lagi dalam menjalani kehidupan. Banyak juga kasus oran yang selalu bernegaative thinking membuat mereka terjerumus kedalam ketidak seimbangan yang akan merusak akan sedikit menurunkan kesuksesan mereka. Jadi tidak ada salahnya kita belajar untuk tetap stay positive!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar