Senin, 26 November 2012

JEJARING SOSIAL




Di zaman modern dan globalisasi saat ini banyak sekali layanan website jejaring sosial yang menjadi bagian terpenting bagi masyarakat modern umumnya dan pengguna internet khususnya. Ada banyak sekali layanan website jejaring sosial sekarang ini. Mungkin jejaring sosial yang sangat terkenal oleh orang Indonesia hanyalah Twitter, Facebook, MySpace, Line, Whatsapp dan mungkin Google+. Sebenarnya banyak sekali jejaring sosial di luar sana dan masing-masing memiliki daya tarik masyarakat sendiri yang menggunakannya dan memiliki fungsi-fungsi berbeda satu sama lain.
Selain itu jejaring sosial mulai beragam bentuknya, unik dan masing-masing fiturnya sudah mulai sangat canggih. Tak heran banyak sekali anak-anak, remaja hingga orang dewasa sangatlah betah didepan layar komputer atau gadget lainnya untuk berinternet. Bahkan mereka sampai-sampai lupa akan waktu seharian. Jejaring sosial ini membuat mereka tetap saling menjaga komunikasi satu sama lain walaupun berada diluar pulau bahkan diluar negeri sekalipun dengan cepat mudah (tidak uasah bertatap muka secara langsung) dan tentunya super efisien.
Berikut adalah beberapa jejaring sosial yang terkenal alias populer di dunia maya zaman canggih sekarang ini:
1.     Facebook
Siapa yang tak kenal dengan situs fenomenal abad ini. Logonya pun kini banyak dipasang di iklan produk dimanapun serta kapanpun. Semua kalangan dari semua jenjang umur setidaknya pernah mendengar jejaring sosial paling wow ini. Semua orang tahu sehingga tidak perlu dibahas banyak-banyak. Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer dengan 900 juta pengunjung berbeda setiap bulan.
Situs ini digagasi oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2004. Facebook tergolong situs jejaring sosial yang umum dan mudah. Tidak dikhususkan untuk suatu relasi hubungan atau komunitas tertentu. Minimal umur untuk bisa menikmati layanan Facebook adalah 13 tahun. Pendiri utama Facebook, Mark Zuckerberg, kabarnya selalu mendapat tuntutan hukum dari Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss (pendiri UConnect) dengan tuduhan telah mencuri ide mereka membuat jejaring sosial semacam Facebook ini.
Memang dahulu kala Mark dipekerjakan oleh mereka untuk membuat sebuah situs jejaring sosial untuk Harvard. Akan tetapi, Mark pun membuat versi jejaring sosialnya sendiri dengan ide brilian tambahannya sendiri bukan sesuai gagasan yang diberikan oleh temannya. Facebook atau dulu namanya The Facebook pun merambah secara “eksklusif” dari universitas ke universitas di Amerika. Karena eksklusif untuk mahasiswa elit, ketenaran Facebook pun meningkat drastis hingga puncaknya menjadi situs jejaring sosial paling terkenal sekarang. Bahkan indonesia menyandang predikat pengguna facebook terbanyak.
2.    Twitter
Twitter memiliki pengunjung hingga 300 juta orang setiap bulannya. Termasuk pemain baru, Twitter langsung melejit menjadi situs jejaring sosial terkenal kedua di dunia. Bahkan reputasinya sedikit melebihi jaringan yang lebih dahulu berdiri (facebook). Banyak yang menggemari Twitter karena sangat simple dan sangat cepat dalam mengupdate informasi. Twitter memang berfokus pada layanan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet”. Bahkan ada iklan yang mengatakan bahwa kabar yang diterima Twitter lebih cepat dari gempa.
Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006. Tingkat pertumbuhan Twitter sangat luar biasa drastis. Setahun setelah meluncur terdapat lebih dari 400.000 tweet yang lewat dalam layanan Twitter. Jumlah ini berlipat ganda hingga 100 juta tweet di tahun 2008. Kini rata-rata tweet harian Twitter adalah 340 juta tweet per hari. Logo situs ini pun selalu bersanding di samping logo Facebook pada setiap iklan produk dan promo acara, menunjukkan betapa terkenalnya situs jejaring sosial ini. Banyak artis-artis hebat, pejabat, sampai rakyat jelata menggunakan jejaring ini.
3.    My Space
Myspace bisa dibilang adalah situs yang mempopulerkan layanan jejaring sosial. Buyutnya jejaring sosial. Jejaring sosial menjadi terkenal berkat ia. Memang, ia pernah menjadi situs jejaring sosial paling populer sekitar tahun 2006 dan bahkan melebihi situs pencarian Google pada jumlah pengunjung bulanan. Pada waktu itu ia dihargai hingga sampai $580 juta. Sekarang kondisi Myspace sangat buruk bahkan katanya pengunjung bulanannya lebih rendah dari situs jejaring sosial kurang terkenal Tagged. Jumlah pengguna Myspace sekarang sekitar 100 juta orang. Myspace sekarang dihargai sekitar $12 juta.
MySpace bersifat umum sama seperti Facebook. Semua bisa mendaftar asal mengaku berumur minimal 13 tahun. Myspace dibangun oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson pada tahun 2003. Kegunaan my space lebih ke untuk mempromosikan lagu yang dinyanyikan atau dipopulerkan oleh orang itu sendiri atau bahkan kelompoknya. Kita bisa mengetahui seluk beluk tentang band tersebut dan masih banyak fungsinya lagi.
4.    Bebo
Bebo adalah jejaring sosial yang didirikan pada 2005 oleh Michael Birch dan Xochi Birch. Kepanjangan dari nama situs ini adalah Blog Early, Blog Often. Pada situs ini pengguna dapat mengepos artikel, foto, video, atau kuisioner selayaknya sebuah weblog kemudian pengguna lain dapat memberikan respons jawaban atas pos tersebut.
Pada tahun 2008, bebo dibeli oleh AOL seharga $850 juta. Pembelian ini disebut BBC sebagai pembelian terburuk sepanjang sejarah.com “one of the worst deals ever made in the com era“. Hal ini disebabkan oleh kepopuleran bebo yang cenderung merosot, platform yang tidak stabil, dan krisis finansial. Tercatat lebih dari 100 juta pengguna terdaftar pada bebo. Pada puncak kejayaannya, bebo menjadi situs jejaring sosial paling populer di Inggris melebihi Myspace. Di Irlandia, kabarnya bebo bahkan lebih populer dibanding situs pencarian Google. Tapi sayangnya di Indonesia tidak begitu populer.
5.    Cafe Mom
Jejaring sosial ini unik sekali karena ia dikhususkan untuk ibu-ibu atau wanita yang sesaat lagi menjadi ibu. Memang situs ini dibatasi untuk pengguna minimal 16 tahun dan wanita. Prinsip situs ini adalah bebas pria (ketahun akun cowok akan langsung dihapus). Situs ini menyedian tempat bagi para ibu untuk saling sharing pengalaman bertanya dan bertukar informasi. Situs ini juga memiliki adik berupa jurnal bagi ibu-ibu yang membahas gosip selebriti, masalah dan dilema keibuan beserta solusi, dan cara mendekor rumah
CafeMom dibuat oleh  Andrew Shue dan Michael Sanchez pada tahun 2006. Setahun dari peluncurannya ke dunia maya, CafeMom sudah diramaikan oleh para pengunjung wanita menurut comScore. Pada tahun 2009, situs ini mulai mendapatkan keuntungan pertamanya. Kini, CafeMom memiliki 1,2 juta pengguna. Pengunjung unik tiap bulannya hingga 8 juta orang dengan 140 juta kunjungan.

6.    Habbo
Habbo adalah situs jejaring sosial asal Finlandia yang ditujukan untuk remaja. Pengguna situs ini mencapai 200 juta orang. Pengunjung unik situs ini per bulannya sekitar 10 juta orang. Fitur utama HABBO adalah berupa program klien yang dibuat dengan teknologi Adobe Flash. Setelah login, pengguna akan masuk ke dalam tampilan hotel. Dari tampilan hotel ini, pengguna bisa menghubungi satu sama lain dengan HabboChat dan berjalan-jalan dari satu ruang ngobrol ke ruang ngobrol lain. Ruang ngobrol ada yang publik untuk semua orang dan ada yang pribadi dan bisa diubah-ubah sendiri. Di dalam ruang pribadi ini kita juga bisa “membeli” hewan peliharaan virtual. Pembelian hewan dan furniture ruangan dilakukan dengan mata uang maya yang ada  pada Habbo.
7.    Pinterest
Pinterest adalah jejaring sosial yang bertindak seperti papan pengumuman online (online pin board). Di papan pengumuman ini, kita mengepin artikel dan foto menarik yang kita suka dari berbagai belahan web. Papan pengumuman ini, disebut pinboard, bisa ditemakan dengan kategori tertentu agar mudah ditata dan diperhatikan oleh pengguna lain. Kita bisa mengikuti pinboard milik pengguna lain yang sesuai dengan minat kita.
Situs pinterest adalah situs yang masih baru. Ia diluncurkan pada Maret 2009 dan mulai populer 2011 silam. Jika kita mengunjungi halaman depan pinterest, kita langsung berhadapan dengan beberapa pin berisi artikel dan foto menarik. Sayangnya untuk bisa menikmati fitur pinterest lebih luas kita harus mendapatkan undangan terlebih dahulu. Pinterest belum mengizinkan pengguna umum untuk mencicipi dalaman situsnya. Pada Januari 2012, Pinterest memiliki 11 juta pengunjung unik tiap bulannya.
Sekian beberapa informasi tentang beragamnya jejaring sosial. So jadilah orang yang bisa memanfaatkan komunikasi dengan menggunakan jejaring sosial ini tetapi kita harus banyak-banyak membagi waktu semuanya.
KESIMPULAN
Di zaman modern dan globalisasi saat ini banyak sekali layanan website jejaring sosial yang menjadi bagian terpenting bagi masyarakat modern umumnya dan pengguna internet khususnya. Selain itu jejaring sosial mulai beragam bentuknya, unik dan masing-masing fiturnya sudah mulai sangat canggih. Jejaring sosial ini membuat mereka tetap saling menjaga komunikasi satu sama lain walaupun berada diluar pulau bahkan diluar negeri sekalipun dengan cepat mudah (tidak uasah bertatap muka secara langsung) dan tentunya super efisien. Berikut adalah beberapa jejaring sosial yang terkenal alias populer di dunia maya zaman canggih sekarang ini seperti facebook, my space, line, beboo dan lain-lain. Pintar-pintarlah menjaga komunikasi tetapi tidak dengan berlebihan juga.

SUMBER: http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial


nama: ine lestiani
kelas: 2PA01
npm: 13511627

Tidak ada komentar:

Posting Komentar