Di zaman modern dan globalisasi saat
ini banyak sekali layanan website jejaring sosial yang menjadi bagian
terpenting bagi masyarakat modern umumnya dan pengguna internet khususnya. Ada
banyak sekali layanan website jejaring sosial sekarang ini. Mungkin jejaring
sosial yang sangat terkenal oleh orang Indonesia hanyalah Twitter, Facebook,
MySpace, Line, Whatsapp dan mungkin Google+. Sebenarnya banyak sekali jejaring
sosial di luar sana dan masing-masing memiliki daya tarik masyarakat sendiri
yang menggunakannya dan memiliki fungsi-fungsi berbeda satu sama lain.
Selain itu jejaring sosial mulai
beragam bentuknya, unik dan masing-masing fiturnya sudah mulai sangat canggih.
Tak heran banyak sekali anak-anak, remaja hingga orang dewasa sangatlah betah
didepan layar komputer atau gadget lainnya untuk berinternet. Bahkan mereka
sampai-sampai lupa akan waktu seharian. Jejaring sosial ini membuat mereka
tetap saling menjaga komunikasi satu sama lain walaupun berada diluar pulau
bahkan diluar negeri sekalipun dengan cepat mudah (tidak uasah bertatap muka
secara langsung) dan tentunya super efisien.
Berikut adalah beberapa jejaring sosial
yang terkenal alias populer di dunia maya zaman canggih sekarang ini:
1.
Facebook
Siapa yang tak kenal dengan situs fenomenal
abad ini. Logonya pun kini banyak dipasang di iklan produk dimanapun serta
kapanpun. Semua kalangan dari semua jenjang umur setidaknya pernah mendengar
jejaring sosial paling wow ini. Semua orang tahu sehingga tidak perlu dibahas
banyak-banyak. Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer dengan 900
juta pengunjung berbeda setiap bulan.
Situs ini digagasi oleh Mark
Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun
2004. Facebook tergolong situs jejaring sosial yang umum dan mudah. Tidak
dikhususkan untuk suatu relasi hubungan atau komunitas tertentu. Minimal umur
untuk bisa menikmati layanan Facebook adalah 13 tahun. Pendiri utama Facebook,
Mark Zuckerberg, kabarnya selalu mendapat tuntutan hukum dari Cameron
Winklevoss dan Tyler Winklevoss (pendiri UConnect) dengan tuduhan telah mencuri
ide mereka membuat jejaring sosial semacam Facebook ini.
Memang dahulu kala Mark dipekerjakan
oleh mereka untuk membuat sebuah situs jejaring sosial untuk Harvard. Akan
tetapi, Mark pun membuat versi jejaring sosialnya sendiri dengan ide brilian tambahannya
sendiri bukan sesuai gagasan yang diberikan oleh temannya. Facebook atau dulu
namanya The Facebook pun merambah secara “eksklusif” dari universitas ke
universitas di Amerika. Karena eksklusif untuk mahasiswa elit, ketenaran
Facebook pun meningkat drastis hingga puncaknya menjadi situs jejaring sosial
paling terkenal sekarang. Bahkan indonesia menyandang predikat pengguna
facebook terbanyak.
2.
Twitter
Twitter memiliki pengunjung hingga 300
juta orang setiap bulannya. Termasuk pemain baru, Twitter langsung melejit
menjadi situs jejaring sosial terkenal kedua di dunia. Bahkan reputasinya
sedikit melebihi jaringan yang lebih dahulu berdiri (facebook). Banyak yang menggemari
Twitter karena sangat simple dan sangat cepat dalam mengupdate informasi.
Twitter memang berfokus pada layanan blogging mikro (microblogging) dan RSS
untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet”.
Bahkan ada iklan yang mengatakan bahwa kabar yang diterima Twitter lebih cepat
dari gempa.
Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah
Glass, Evan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006. Tingkat pertumbuhan
Twitter sangat luar biasa drastis. Setahun setelah meluncur terdapat lebih dari
400.000 tweet yang lewat dalam layanan Twitter. Jumlah ini berlipat ganda
hingga 100 juta tweet di tahun 2008. Kini rata-rata tweet harian Twitter adalah
340 juta tweet per hari. Logo situs ini pun selalu bersanding di samping logo
Facebook pada setiap iklan produk dan promo acara, menunjukkan betapa
terkenalnya situs jejaring sosial ini. Banyak artis-artis hebat, pejabat,
sampai rakyat jelata menggunakan jejaring ini.
3.
My Space
Myspace bisa dibilang adalah
situs yang mempopulerkan layanan jejaring sosial. Buyutnya jejaring sosial.
Jejaring sosial menjadi terkenal berkat ia. Memang, ia pernah menjadi situs
jejaring sosial paling populer sekitar tahun 2006 dan bahkan melebihi situs
pencarian Google pada jumlah pengunjung bulanan. Pada waktu itu ia dihargai
hingga sampai $580 juta. Sekarang kondisi Myspace sangat buruk bahkan katanya
pengunjung bulanannya lebih rendah dari situs jejaring sosial kurang terkenal
Tagged. Jumlah pengguna Myspace sekarang sekitar 100 juta orang. Myspace
sekarang dihargai sekitar $12 juta.
MySpace bersifat umum sama
seperti Facebook. Semua bisa mendaftar asal mengaku
berumur minimal 13 tahun. Myspace dibangun oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson pada
tahun 2003. Kegunaan my space lebih ke untuk mempromosikan lagu yang
dinyanyikan atau dipopulerkan oleh orang itu sendiri atau bahkan kelompoknya. Kita
bisa mengetahui seluk beluk tentang band tersebut dan masih banyak fungsinya
lagi.
4.
Bebo
Bebo adalah jejaring sosial yang
didirikan pada 2005 oleh Michael Birch dan Xochi Birch. Kepanjangan dari nama
situs ini adalah Blog Early, Blog Often. Pada situs ini pengguna dapat mengepos
artikel, foto, video, atau kuisioner selayaknya sebuah weblog kemudian pengguna
lain dapat memberikan respons jawaban atas pos tersebut.
Pada tahun 2008, bebo dibeli oleh AOL
seharga $850 juta. Pembelian ini disebut BBC sebagai pembelian terburuk
sepanjang sejarah.com “one of the worst deals ever made in the com era“. Hal
ini disebabkan oleh kepopuleran bebo yang cenderung merosot, platform yang
tidak stabil, dan krisis finansial. Tercatat lebih dari 100 juta pengguna
terdaftar pada bebo. Pada puncak kejayaannya, bebo menjadi situs jejaring
sosial paling populer di Inggris melebihi Myspace. Di Irlandia, kabarnya bebo
bahkan lebih populer dibanding situs pencarian Google. Tapi sayangnya di
Indonesia tidak begitu populer.
5.
Cafe Mom
Jejaring sosial ini unik sekali karena
ia dikhususkan untuk ibu-ibu atau wanita yang sesaat lagi menjadi ibu. Memang
situs ini dibatasi untuk pengguna minimal 16 tahun dan wanita. Prinsip situs
ini adalah bebas pria (ketahun akun cowok akan langsung dihapus). Situs ini
menyedian tempat bagi para ibu untuk saling sharing pengalaman bertanya dan
bertukar informasi. Situs ini juga memiliki adik berupa jurnal bagi ibu-ibu
yang membahas gosip selebriti, masalah dan dilema keibuan beserta solusi, dan
cara mendekor rumah
CafeMom dibuat oleh Andrew Shue dan Michael Sanchez pada tahun
2006. Setahun dari peluncurannya ke dunia maya, CafeMom sudah diramaikan oleh
para pengunjung wanita menurut comScore. Pada tahun 2009, situs ini mulai
mendapatkan keuntungan pertamanya. Kini, CafeMom memiliki 1,2 juta pengguna.
Pengunjung unik tiap bulannya hingga 8 juta orang dengan 140 juta kunjungan.
6.
Habbo
Habbo adalah situs jejaring sosial asal
Finlandia yang ditujukan untuk remaja. Pengguna situs ini mencapai 200 juta orang.
Pengunjung unik situs ini per bulannya sekitar 10 juta orang. Fitur utama HABBO
adalah berupa program klien yang dibuat dengan teknologi Adobe Flash. Setelah
login, pengguna akan masuk ke dalam tampilan hotel. Dari tampilan hotel ini,
pengguna bisa menghubungi satu sama lain dengan HabboChat dan berjalan-jalan
dari satu ruang ngobrol ke ruang ngobrol lain. Ruang ngobrol ada yang publik
untuk semua orang dan ada yang pribadi dan bisa diubah-ubah sendiri. Di dalam
ruang pribadi ini kita juga bisa “membeli” hewan peliharaan virtual. Pembelian
hewan dan furniture ruangan dilakukan dengan mata uang maya yang ada pada Habbo.
7.
Pinterest
Pinterest adalah jejaring sosial yang
bertindak seperti papan pengumuman online (online pin board). Di papan
pengumuman ini, kita mengepin artikel dan foto menarik yang kita suka dari
berbagai belahan web. Papan pengumuman ini, disebut pinboard, bisa ditemakan
dengan kategori tertentu agar mudah ditata dan diperhatikan oleh pengguna lain.
Kita bisa mengikuti pinboard milik pengguna lain yang sesuai dengan minat kita.
Situs pinterest adalah situs yang masih
baru. Ia diluncurkan pada Maret 2009 dan mulai populer 2011 silam. Jika kita
mengunjungi halaman depan pinterest, kita langsung berhadapan dengan beberapa
pin berisi artikel dan foto menarik. Sayangnya untuk bisa menikmati fitur
pinterest lebih luas kita harus mendapatkan undangan terlebih dahulu. Pinterest
belum mengizinkan pengguna umum untuk mencicipi dalaman situsnya. Pada Januari
2012, Pinterest memiliki 11 juta pengunjung unik tiap bulannya.
Sekian beberapa informasi tentang
beragamnya jejaring sosial. So jadilah orang yang bisa memanfaatkan komunikasi
dengan menggunakan jejaring sosial ini tetapi kita harus banyak-banyak membagi
waktu semuanya.
KESIMPULAN
Di zaman modern dan globalisasi saat
ini banyak sekali layanan website jejaring sosial yang menjadi bagian
terpenting bagi masyarakat modern umumnya dan pengguna internet khususnya. Selain
itu jejaring sosial mulai beragam bentuknya, unik dan masing-masing fiturnya
sudah mulai sangat canggih. Jejaring sosial ini membuat mereka tetap saling
menjaga komunikasi satu sama lain walaupun berada diluar pulau bahkan diluar
negeri sekalipun dengan cepat mudah (tidak uasah bertatap muka secara langsung)
dan tentunya super efisien. Berikut adalah beberapa jejaring sosial yang
terkenal alias populer di dunia maya zaman canggih sekarang ini seperti
facebook, my space, line, beboo dan lain-lain. Pintar-pintarlah menjaga
komunikasi tetapi tidak dengan berlebihan juga.
SUMBER: http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial
SUMBER: http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial
nama: ine lestiani
kelas: 2PA01
npm: 13511627
Tidak ada komentar:
Posting Komentar