Kamis, 01 November 2012

NETIQUETTE (ETIKA INTERNET)

           Internet yang kita kenal luas sebagai media komunikasi online, ternyata menyimpan berbagai kemungkinan seperti miss comunication (salah persepsi) dalam menggunakannya yang dapat membuat kesalah pahaman. Netiquette atau yang umumnya disebut Netiket berarti netter etiket, segelintir aturan dan etika dalam berkomunikasi sesama pengguna Internet bisa dalam beremail, mailing list, chatting dan sebagainya.
          Etiket yang umum digunakan seperti tidak menulis menggunakan huruf besar di internet. Jika mengutip pesan, kutiplah seperlunya jangan semuanya di copy-paste. Buatlah email selayaknya pesan pribadi, hati-hati memforward email karena email bukanlah sebagai konsumsi semua orang. Jangan sembarang menggunakan format HTML dan tidak boleh mengirimkan file tanpa terlebih dahulu meminta izin penerima email tersebut.
Penggunaan email tidak yang seperti dibayangkan awalnya bahwa email itu sangat aman. Satu-satunya hal yang dapat diharapkan adalah setiap orang hendaknya memperhatikan urusannya masing-masing bukannya usil untuk sekedar mengintip atau membaca isi email milik orang lain. Hal ini sangatlah tidak baik dan melanggar etiket.
          Setiap orang seharusnya tunduk kepada kewajiban moral dan etika untuk menghargai milik dan permintaan orang lain. Kesopanan yang umum adalah menahan diri untuk tidak meneruskan surat elektronik (email) pribadi kesiapapun tanpa adanya izin sang pemilik. Kita harus berhati-hati ketika menjawab pesan yang dikirimkan kepada kita secara pribadi. Mungkin saja kita ingin mengirimkan tembusan surat tersebut kepada orang lain dalam jawaban surat kita. Tapi pahamilah belum tentu orang yang mengirim pesan ingin kata-katanya diteruskan kepada oang lain.
          Terlalu mudahnya mengirim informasi via online, banyak diantara kita yang tergoda untuk mempublish pesannya ke seluruh dunia. Perlu disadari meskipun kita bebas mempublish apapun di media online ini, sebaiknya kita tidak menyalahgunakan keistimewaan media dengan bersikap kurang peduli. Bersikaplah selektif dalam memilih newsgroup dan list email yang akan menerima pesan kita.

Contoh Kasus :  
       Pertama, ada seorang nabi gadungan yang sangat fanatik mengirimkan pesan tentang “dunia kiamat” (atau sejenisnya) kepada setiap newsgroup dan email list yang dapat dengan cepat ia peroleh. Akibat buruk dari dari berita ini tidak seberapa. Tapi bagi banyak orang dan organisasi terpencil diluar negeri sana sangat rugi, karena mereka harus membayar uang tambahan untuk lalu lintas informasi onlinenya. Jadi, jauh lebih baik kita untuk mengetahui keadaan ketersambungan lokal penerima pesan, sebelum mengirimkan pesan.
          Kedua, iklan juga banyak diperbincangkan dalam hal netiquette ini. Dalam dunia nyata kita dapat banyak meemukan iklan yang licik dan menjengkelkan. Tetapi dalam dunia global yang kerennya disebut dengan Internet ini, pengiklanan langsung dipandang tidak sopan dan pelanggaran terhadap hak seseorang. Ada alasannya, pengguna awal Internet yakni para peneliti dan ilmuwan menggangap sangat rendah kegiatan promosi ini. Selain itu hal ini berhubungan dengan kebijakan AUP (National Science Foundation’s Acceptable Use Policy) untuk NSFNET, yang pernah melarang kegiatan periklanan dan komersial secara mencolok pada jaringan yang dibiayai oleh Amerika Serikat.
          Masih banyak cara untuk menyampaikan pesan melalui berbagai saluran pasif (seperti menyediakan layanan informasi umum). Hal ini tidak dapat meliputi aspek perilaku santun dalam berinternet. Tetapi secara umum, kita haruslah sadar berpegang pada aturan-aturan umum dan pertimbangan yang bijaksana.

Etiket dalam berkomunikasi melalui email, mailing list atau forum
          Tulislah email dengan ejaan yang benar. Tidak dengan seenaknya dengan menuliskan huruf kapital semua. Karena ini membuat sala persepsi bagi sang pembaca, mereka dapat berpendapat bahwa itu kalimat marah atau suruhan. Biasakanlah untuk meulis Subject sesuai dengan isi pesan yang akan dikirim. Hal ini akan sangat memudahkan para penerima pesan untuk membaca pesan yang dikirimkan. Jangan menggunakan CC (Carbon Copy) tapi gunakanlah BCC (Blind Carbon Copy) karena tidak semua orang suka emailnya beredar didepan muka umum. Dan yang terpenting menulis dengan menggunakan kata yang sopan.
          Untuk mailing list dan forum dilarang mengirim email yang bersifat “spam”, surat berantai, surat promosi dan surat lain yang tidak ada hubungannya dengan mailing list. Hargai hak cipta orang lain, jangan menggunakan kata-kata jorok dan vulgar. Privasi orang lain juga harus dijaga, dilarang mengirimkan email yang tidak jelas keberadaanya karena akan menggangu. Belajarlah untuk menulis karangan asli tidak memforward karena itu sangat dihargai daripada mencontek karya hasil orang lain.

KESIMPULAN
Netiquette atau yang umumnya disebut Netiket berarti netter etiket, segelintir aturan dan etika dalam berkomunikasi sesama pengguna Internet bisa dalam beremail, mailing list, chatting dan sebagainya. Etiket yang umum digunakan seperti tidak menulis menggunakan huruf besar di internet. Jika mengutip pesan, kutiplah seperlunya jangan semuanya di copy-paste. Buatlah email selayaknya pesan pribadi, hati-hati memforward email karena email bukanlah sebagai konsumsi semua orang. Penggunaan email tidak yang seperti dibayangkan awalnya bahwa email itu sangat aman.
Setiap orang seharusnya tunduk kepada kewajiban moral dan etika untuk menghargai milik dan permintaan orang lain. Kesopanan yang umum adalah menahan diri untuk tidak meneruskan surat elektronik (email) pribadi kesiapapun tanpa adanya izin sang pemilik. Pengguna Internet harus bersikap selektif dalam memilih newsgroup dan list email yang akan menerima pesan kita.
Tulislah email dengan ejaan yang benar. Tidak dengan seenaknya dengan menuliskan huruf kapital semua. Jangan menggunakan CC (Carbon Copy) tapi gunakanlah BCC (Blind Carbon Copy) karena tidak semua orang suka emailnya beredar didepan muka umum. Dan yang terpenting menulis dengan menggunakan kata yang sopan. Untuk mailing list dan forum dilarang mengirim email yang bersifat “spam”, surat berantai, surat promosi dan surat lain yang tidak ada hubungannya dengan mailing list. Hargai hak cipta orang lain.

Sumber :
LaQuey, Tracy. (1997). Sahabat Internet. Bandung: ITB.
Yuhefizar (2008). 10 Jam Menguasai Internet: Teknologi Dan Aplikasinya. Jakarta: PT ELEK MEDIA KOMPUTINDO

Nama : Ine Lestiani
Npm  : 13511627
Kelas : 2PAO1
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar