Kamis, 01 November 2012

Metode Pengalamatan di Internet


       Bukan hanya nama postingan yang beragam dan unik tetapi nama alamat setiap orang dalam internet pun unik. Tidak percaya? Alamat unik inilah yang membuat tanda atau menciri khaskan sang pemilik. Dengan adanya alamat ini memudahkan kita untuk berkirim email, transfer file-file, dan tentunya mendapat informasi sang pemilik account tersebut.
          Untuk orang awam yang baru saja menggunakan internet penggunaan alamat internet standard sangatlah penting. Karena bukanlah postingan yang dicari melainkan alamat sang pemilik account Internet tersebut. Format yang dibuat sama, yaitu dengan username pemakai diikuti dengan (@) dan nama host atau domain seperti: hotmail, staffsite, dsb.
          Contohnya : ine@perth.dialix.oz.au usernamenya adalah ine. Nama hostnya adalah indo.dialex.ox.ut. Dalam pengalamatan ini tidak diperkenankan menggunakan spasi, harus ditulis dengan tanpa spasi menggunakan huruf kecil semua atau huruf besar semua. Dalam sistem Unix username juga disebut dengan nama yang digunakan saat akan login.
          Kombinasi antara domain dan username harus unik. karena orang yang mempunyai nama (Ine) tidaklah satu melainkan ribuan. Jadi jika memiliki domain yang unik meskipun ada ribuan (Ine) tetap yang akan muncul adalah  ine@perth.dialix.oz.au

Memahami Domain dan Subdomain
       Subdomain adalah bagian dari domain. Setiap subdomain dipisahkan oleh titik. Misalnya ine@perth.dialix.oz.au terdapat 4 subdomain yaitu perth, dialix, oz, dan au. Cara untuk memahami domain adalah dengan dibaca dari kanan ke kiri. Sebuah domain disusun untuk mengatakan sesuatu pada setiap subdomainnya. Subdomain paling kanan adalah domain paling atas atau domain paling umum.
          Domain paling atas atau (au) berarti host Australia. Subdomain selanjutnya adalah oz yang berarti pemilik host tersebut bergerak di bidang jasa informasi. Subdomainnya lainnya dialix yang berarti nama pemilik host tersebut. Subdomain yang terakhir adalah perth yang berarti nama host tersebut adalah perth. Jika dibuat dalam bentuk bahasa ini berarti ”saya mengirimkan mail ke ine yang terletak dalam host perth, yang terletak dalam organisasi “dialix” yang merupakan sebuah organisasi jasa informasi di Australia.
          Sebagai aturan umum sebaiknya kita menggunakan huruf kecil dalam penulisan alamat di Internet. Kenapa?  Karena sebagian sistem membedakan antara huruf kecil dan huruf besar. Jadi setiap kita melihat atau menggunakan huruf besar pada sebuah usernamae segeralah rubah username tersebut ke dalam  huruf kecil.

Variasi dalam format standar
       Alamat format standar yaitu dengan menuliskan username@domain. Misalnya terdapat dua subdomain misalnya tomw@psi.com ini berarti mungkin organisasi tersebut sangat kecil sehingga hanya memepunyai satu host dalam internet. Atau mungkin organisasi tersebut sangat besar sehingga nama subdomainnya harus disingkat.
          Variasi lain adalah dengan contoh tomw%einstein@ucsd.edu. Umumnya karakter % memisahkan username dari nama sistem lokal. Username tomw menggunakan sistem lokal yang bernama einstein. Sebagian orang tidak memahami arti alamat mailnya, organisasi mempunyai beragam cara untuk mengirim dan menerima mail. Jangan khawatir, kita cukup mengikut petunjuk yang ada pada sistem Administrator.
          Berikut adalah klasifikasi berdasarkan domain organisasi :
1.     com             = Organisasi Komersil
2.    edu             = institusi pendidikan
3.    gov             = institusi pemerintah
4.    int              = organisasi internasional
5.    mil              = organisasi militer
6.    net             = organisasi jaringan komputer
7.    org             = organisasi sosial
dsb.

Berikut adalah klasifikasi domain berdasarkan geografis :
1.     au                = Australia
2.    ca                = Canada
3.    id                = Indonesia
4.    jp                = Japan
5.    us                = United States
dsb.


Alamat Internet Virtual
          Begitu banyak organisasi yang ingin masuk ke dalam Internet, tetapi mereka tidak mempunyai cukup waktu dan biaya untuk memelihara hubungan secara full time. Cara alternatif mereka peroleh dengan perjanjian dengan sebuah host internet untuk bertindak sebagai Gateway Mail.
          Apa sih Gateway? Gateway adalah alat untuk menghubungkan dua sistem yang berbeda. Misalnya dengan menghubungkan workstation melalui jalur telepon. 

Alamat IP : Perintah Host
       Seperti yang kita ketahui bahwa pengalamatan di Internet terdiri dari beberapa rangkaian Subdomain. Teknis yang sebenarnya adalah Internet terdiri dari serangkaian nomor bukan subdomain. Setiap kali menggunakan alamat dengan rangkaian subdomain, sistemnya merubah alamat ke rangkaian nomor tersembunyi.
          IP atau Internet Protocol berfungsi memindahkan data dari satu tenpat ke tenpat yang lainnya. Alamat IP tampak sama dengan rangkain nama subdomain yaitu menggunakan titik untuk memisahkan nomor-nomor. Tetapi nomor-nomor dalam IP ini tidak berhubungan langsung dengan subdomain.
          Kita dapat menggunakan alamat IP sama seperti menggunakan alamat dengan rangkaian subdomain. Sistem yang menjaga alamat-alamat disebut dengan DNS yaitu Domain Name System. DNS adalah salah satu pelayanan TCP/IP untuk menterjemahkan alamat dengan rangkain subdomain ke alamat IP. Dalam situasi tertentu, sistem kita mungkin tidak dapat menterjemahkan alamat dengan rangkaian subdomain. Jika hal ini terjadi maka kita dapat menggunakan alamat IP ini.

Kesimpulan
Bukan hanya nama postingan yang beragam dan unik tetapi nama alamat setiap orang dalam internet pun unik. Dengan adanya alamat ini memudahkan kita untuk berkirim email, transfer file-file, dan tentunya mendapat informasi sang pemilik account tersebut. Untuk orang awam yang baru saja menggunakan internet penggunaan alamat internet standard sangatlah penting. Kombinasi antara domain dan username harus unik.
Subdomain adalah bagian dari domain. Setiap subdomain dipisahkan oleh titik. Sebagai aturan umum sebaiknya kita menggunakan huruf kecil dalam penulisan alamat di Internet. Setiap kita melihat atau menggunakan huruf besar pada sebuah usernamae segeralah rubah username tersebut ke dalam  huruf kecil.
Alamat format standar yaitu dengan menuliskan username@domain. Umumnya karakter % memisahkan username dari nama sistem lokal. Seperti yang kita ketahui bahwa pengalamatan di Internet terdiri dari beberapa rangkaian Subdomain. Teknis yang sebenarnya adalah Internet terdiri dari serangkaian nomor bukan subdomain. Dalam situasi tertentu, sistem kita mungkin tidak dapat menterjemahkan alamat dengan rangkaian subdomain. Jika hal ini terjadi maka kita dapat menggunakan alamat IP ini.

Sumber :
Sidharta, Lani. (1996). Internet Informasi Berbasis Hambatan. Jakarta: PT Elek Media Komputindo

Nama : Ine Lestiani
Kelas  : 2PA01
Npm   : 13511627

Tidak ada komentar:

Posting Komentar