Kamis, 28 Maret 2013

PENYESUAIAN DIRI & PERTUMBUHAN

TULISAN 3






Apa sih penyesuaian diri? Tentunya banyak sekali diantara kita yang familiar mendengar kalimat tersebut. Penyesuaian diri dialami oleh semua manusia, baik itu tua maupun muda. Tanpa adanya penyesuaian diri kita tidak akan hidup dengan normal. Penyesuaian diri adalah konsep yang dideskripsikan sebagai adaptasi atau pertahanan diri agar bisa terus berkembang dan dapat menyeimbangkan diri dengan tuntutan sosial dan norma dalam masyarakat. Penyesuaian diri ada yang bersifat normal dan ada pula yang bersifat menyimpang. Jika seorang manusia memenuhi kebutuhan dengan upaya melakukan pemecahan masalah dengan cara yang tidak wajar atau menyimpang dari norma sosial dalam masyarakat, maka orang tersebut dikatakan melakukan penyesuaian diri yang menyimpang. Sebaliknya jika manusia tersebut memenuhi kebutuhan dengan upaya memecahkan masalah dengan cara yang wajar dan dan tidak menyimpang dari norma yang berlaku di masyarakat, maka orang tersebut melakukan penyesuaian diri yang normal.
Secara ilmiah, penyesuaian diri berarti upaya manusia untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya, mengatasi ketegangan, frustasi atau stress, konflik dengan memerhatikan norma atau tuntutan lingkungan dimana dia hidup. Proses tersebut melibatkan mental dan akan menghasilkan sebuah perilaku. Penyesuaian diri diklasifikasikan kedalam beberapa kelompok, pertama berdasarkan gejala masalah yang meliputi neurotik, psikotik, psikopatik, epileptik. Yang kedua, berdasarkan jenis kualitas respon yang meliputi penyesuaian yang normal dan penyesuaian yang menyimpang. Ketiga, berdasarkan jenis masalah meliputi masalah individu, masalah sosial, masalah keluarga, masalah akademik, masalah vokasional dan lain sebagainya.
Lalu adakah keterkaitan penyesuaian diri dengan pertumbuhan? Pertumbuhan adalah perubahan yang terjadi secara fisiologis sebagai hasil kematangan fungsi-fungsi fisik yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis. Pertumbuhan dikemukakan oleh Werner (1957), ia mendefinisikan pertumbuhan akan selalu meningkat dengan cara yang bertahap. 

 SUMBER: Yusuf, Syamsu, LN. (2004). Mental Hygiene. Bandung:

                          Pustaka Bani Quraisy

INE LESTIANI- 13511627- 2PA01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar