Rabu, 27 Maret 2013

KONSEP SEHAT

TULISAN 1


          

Manusia terlahir sebagai makhluk hidup yang memiliki akal beserta pikiran. Seorang makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup yang lainnya tentunya memiliki banyak persamaan. Seperti lahir, tumbuh, berkembang, ceria-murung, normal-tidak normal, sehat-sakit, dan akhirnya menuju pada kematian. Manusia adalah makhluk hidup utama dimuka bumi ini. Mereka senang sekali untuk menganalisa, membicarakan, bahkan melakukan sesuatu yang akan menguntungkan diri mereka sendiri. Segala sesuatu yang ada didalam dunia ini adalah buah tangan dari manusia. Baik itu teknologi maupun budaya itu semua dikembangkan oleh makhluk yang paling sempurna yaitu manusia.
          Lalu apa sih yang dimaksud dengan sehat? Sehat menurut orang awam berarti kebalikannya dari sakit. Sebuah kondisi dimana jika dilihat secara fisik dan jiwa seseorang seimbang. Dengan kata lain, jika jiwa seseorang tersebut sakit (misalnya stress) akan sangat berpengaruh sekali ke fisik orang tersebut. Kebalikannya bila fisik seseorang tersebut mengalami masalah (misalnya cacat) tentu sangat berpengaruh untuk kejiwaan orang tersebut.
          Secara garis besar fisik dan jiwa berarti penting untuk kata sehat. Tidak ada satupun manusia yang bisa hidup sehat tanpa keadaan fisik dan jiwa yang stabil, dan saling melengkapi satu sama lain. Misalnya ada seseorang yang secara fisik ia sehat merasa tidak sakit. Tapi dalam kenyataanya hatinya sangat gelisah, tidak pernah tenang, dan tidak bisa tidur dengan tenang. Nah orang tersebut tidak bisa dikatakan sehat, orang tersebut sakit jiwanya. Darimana kita mengetahui orang tersebut sakit jiwanya? Seseorang yang tidak bisa tenang atau tidur dengan lelap seperti orang pada umumnya biasanya memiliki sebuah pikiran yang tidak sengaja ia pikirkan terus menerus. Pikiran-pikiran itulah yang membuat orang secara fisik sehat tapi jiwanya tetap sakit.
          Dalam bahasa sehari-hari kita mengambil makna istilah sehat wal afiat sebagai keadaan yang optimal, stabil jiwa dan fisiknya (raga). Kata sehat ini sendiri adalah makna dari bahasa arab yang diambil untuk diterjemahkan sebagai kata bahasa indonesia. Sehat mendekat dengan istilah fungsi, sedangkan afiat mendekat pada kesesuaian dari fungsi tersebut. Kaki yang sehat adalah kaki yang digunakan untuk berjalan ketempat-tempat yang baik dan semestinya. Sedangakan kaki yang afiat adalah kaki yang tidak digunakan untuk berjalan ke tempat yang dilarang seperti tempat maksiat.
          Lalu menurut definisi dari WHO (world health organization) sehat adalah keadaan sempurna baik fisik maupun mental tidak hanya bebas dari penyakit dan kelemahan. Intinya menurut berbagai pengertian dari konsep sehat diatas tergantung kita mengambil arti yang dapat dipahami dan dijalankan untuk diri kita sendiri. Semua pengertian sehat diatas benar. Sehat adalah kondisi dimana seluruh bagian dari manusia dapat bekerjasama atau berfungsi dengan baik sehingga dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Sumber: Rochman, Kholil Lur. (2010). Kesehatan Mental. Yogyakarta  :
 Fajar Media Press
                 Rochman, Kholil Lur. (2010). Kesehatan Mental. Purwokerto :
                        Stain Press
                 Schultz, Duane. (1991). Psikologi Pertumbuhan. Yogyakarta  :
                        Kanisius

INE LESTIANI - 2PA01 - 13511627

Tidak ada komentar:

Posting Komentar