Kamis, 28 Maret 2013

PERTUMBUHAN PERSONAL

tulisan 3



Manusia dilahirkan sebagai sebuah kertas putih, bersih dan suci, kemudian kertas itu lama-kelamaan akan berisi tinta yang penuh dengan warna. Warna tersebut bisa gelap ataupun terang, tergantung manusia tersebut mengisinya. Makna warna itu adalah sebuah perjalanan cerita yang diciptakan antara manusia dengan manusia lain atau antara manusia dan lingkungan sosialnya.
Setiap individu pasti akan mengalami sebuah pembentukan karakter. Pembentukkan karakter setiap orang pasti berbeda tidak ada yang sama persis. Karakter seseorang dipengaruhi oleh pola asuh dan lingkungan sosial disekeliling orang tersebut. Pembentukkan karakter memerlukan proses yang amat panjang dan rumit. Proses tersebut dinamakan pertumbuhan. Faktor utama yang dapat mempengaruhi pembentukkan karakter adalah keluarga. Kenapa? Karena keluarga adalah lingkungan terdekat, utama dan tempat seseorang dibesarkan dari kecil sampai sekarang. Tanpa adanya keluarga, seseorang tidak akan pernah bisa berkembang dengan baik dan pasti akan menimbulkan karakter yang kurang baik. Ada banyak faktor-faktor yang akan mempengaruhi perkembangan pertumbuhan individu. Faktor tersebut dibedakan menjadi dua tipe yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor genetik juga terbagi lagi menjadi beberapa subbab.
Pertama adalah faktor keturunan. Sifat, watak, dan karakter seseorang tidak jauh dengan sifat, watak dan karakter kedua orangtuanya. Kedua, sifat karakter ini tetap dan tidak akan berubah disepanjang kehidupan. Kenapa tetap? Karena pemebentukkan karakter terjadi secara alamiah, tidak dibuat-buat dan sudah pasti melekat hingga akhir hayat. Walaupun tidak sedikit orang yang dapat merubah karakter, tetap saja karakter tersebut tidak akan hilang secara besar. Artinya walaupun orang tersebut berusaha untuk merubah, pasti akan ada saja beberapa karakter yang mirip seperti dahulu. Ketiga adalah membentuk beberapa karakteristik seperti jenis kelamin, ras, warna mata, warna rambut, sikap tubuh dan sebagainya.
Selanjutnya faktor eksternal atau lingkungan. Faktor ini sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan manusia baik dari saat baru lahir hingga lanjut usia. Faktor eksternal yang cukup baik akan memungkinkan terjadinya potensi karakter. Sedangkan yang kurang baik akan menghambat terjadinya karakter.

SUMBER: Yusuf, Syamsu, LN. (2004). Mental Hygiene. Bandung:
                          Pustaka Bani Quraisy
                Gerungan. W.A. psikologi sosial.  (2004) Bandung:
                          PT Refika Aditama

ine lestiani - 13511627 - 2PA01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar